TATA CARA MENANGKAP KEPITING


Kumpulkan peralatan menangkap kepiting yang diperlukan. Para penangkap kepiting yang menggunakan crab pot biasanya memiliki jaring untuk menyendok kepitingnya, sarung tangan tebal, crab pot, serta tongkat penarik/culling stick (untuk mengangkat kepiting dari jaring), dan wadah penyimpanan kepiting yang tertangkap.[1]
Crab pot adalah perangkap persegi besar yang dibuat dari kawat (biasanya sejenis kawat dengan yang digunakan untuk kandang ayam). Ada pintu masuk (yang disebut "throats"), di mana kepiting-kepiting bisa masuk ke perangkapnya untuk mencoba memakan umpan, yang dirancang sedemikian rupa agar tidak bisa dijangkau oleh para kepiting ini. Maka, kepiting kemudian akan terperangkap di dalam pot dan Anda tinggal menarik pot ke permukaan serta mengoleksi hasil buruan Anda.
Anda mungkin perlu menentukan apakah Anda memerlukan pot yang ringan atau yang lebih berat, tergantung daerah Anda. Contohnya: di area Puget Sound, kebanyakan lokasinya hanya memerlukan crab pot ringan, akan tetapi, di beberapa titik lainnya, karena adanya arus balik dan gelombang yang kuat, Anda akan memerlukan crab pot yang lebih berat. Jika Anda memancing untuk berolahraga, Anda tidak perlu menggunakan crab pot komersial, yang biasanya memiliki berat sekitar 34-68 kilogram (crab pot yang digunakan oleh para pemancing biasanya seberat 4,5-9 kilogram).
Tongkat penarik berguna untuk mengambil kepiting dari jaring atau perangkapnya. Anda bisa membuat tongkat ini sendiri dengan memotongkan takik sepanjang 12,7 cm pada sepotong kayu.
Untuk wadah penyimpannya, gunakan keranjang kayu gantang, tetapi Anda juga bisa menggunakan pendingin untuk menyimpan kepiting. Intinya, pastikan kepiting tetap hidup hingga saat Anda akan memakannya. Simpanlah dalam wadah yang berisikan es batu. Masukkan es ke dalam kantung pada wadah dan letakkan kepiting di atasnya. Tindakan ini akan membantu agar Anda bisa mengurusnya dengan lebih mudah saat Anda akan memasaknya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 manfaat kepiting nusantara